Kamis, 05 April 2012

Seminar Nasional Ulang Tahun Perak UPBM Unpad

ATema : Potret Sukses Generasi Berbudaya

Hari/Tanggal          : Kamis/3 Mei 2012
Pukul                      : 08.00 – 17.00
Tempat                   : Graha Sanusi Harjadinata Universitas Padjadjaran, Bandung.

   Deskripsi
Pemuda sebagai agent of change memiliki peranan yang penting dalam membangun negeri ini termasuk pula dalam pelestarian kebudayaan. Para leluhur telah menitipkan kepada kita sebagai penerus untuk senantiasa melestarikan nilai-nilai kebudayaan. Pemuda memiliki karaktersitik khas yang juga terbentuk dari proses pembelajaran dan sosialisasi yang diterima melalui lingkungan sosial dan akademis. Namun, perubahan zaman dan arus globalisasi yang terjadi dewasa ini mulai mengikis karakter akan pemahaman pemuda tentang nilai luhur budaya.
Pendidikan karakter dan pendidikan berbudaya menjadi penting untuk kembali dipahami agar kita dapat tetap adaptif dalam menghadapi perubahan global. Peran pemerintah yang juga sebagai salah satu penyelenggara pendidikan juga sangat dibutuhkan dalam rangka memberikan pemahaman nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam budaya. Setelah terjadinya proses internalisasi nilai tersebut, maka suatu karakter pemuda akan kokoh dan dapat semakin adaptif dalam menghadapi tantangan globalisasi.
Nilai budaya yang lahir, tumbuh dan berkembang juga mengalami berbagai perubahan. Namun, perubahan in kita maknai sebagai suatu proses adaptasi bukan hal yang untuk merusak akar budaya yang tertanam. Budaya Nasional dalam cakupan yang lebih luas dan budaya lokal pada khususnya dijadikan sebagai pedoman hidup yang juga menjadi salah satu karakteristik dalam jiwa seorang pemuda yang mencintai budaya. Pemuda dan generasi yang berbudaya ini pada akhirnya menjadikan nilai yang mereka pedomani untuk menuju kepada suatu pencapaian hidup yaitu sebuah kesuksesan.
Pada dasarnya, nilai luhur yang terkandung dalam budaya sudah memiliki solusi atas segala permasalahan yang tejadi. Setiap falsafah atau filosofinya dapat menjelaskan makna-makna kehidupan. Nilai-nilai ini terinternalisasi dalam karakter pemuda dan dipergunakan dalam mencapai suatu kesuksesan atau tujuan tertentu karena nilai tersebut dapat dijadikan sebagai pedoman hidup. Seyogyanya, kita harus dapat menyadari bahwa pemahaman nilai budaya, pendidikan berkarakter dan budaya sebagai salah satu pedoman hidup dapat memberikan dampak positif atau jalan kita menuju kesuksesan.

0 comments:

Posting Komentar